Monday, February 16, 2015

4 Alasan Onlineshop Perlu Punya Website

website onlineshop

Berniaga secara online bisa memanfaatkan berbagai media. Website, social media, aplikasi komunikasi, marketplace, forum jual beli dsb. Jika onlineshop ingin tumbuh maka Kita perlu memiliki website. Baik Kita kembangkan sendiri atau dengan bantuan orang lain. Apa alasannya ?

1. Membangun Brand & Reputasi

Omzet dan profit memang utama. Tapi Kita harus membangun brand & reputasi untuk bisa bernapas panjang di bisnis online. Website online shop harus memiliki desain yang bagus, selaras dengan bisnis & mampu meyakinkan customer untuk bertransaksi dengan Kita. Memiliki website sendiri dengan domain .com, .co.id atau domain lainnya akan lebih memperlihatkan keseriusan Kita di bisnis online.

2. Traffic dari Search Engine

preview google website onlineshop

Google masih menjadi search engine dominan. Dan mungkin butuh waktu lama bagi search engine lain untuk menggesernya. Dengan mempunyai website, Kita berkesempatan mendapat traffic dari search engine yang bisa terkonversi menjadi penjualan. Juga bermanfaat jika ada ingin dikenal di lokal kota Kita. Ditambah tools analitik seperti Google Analytics, Kita dapat menganalisa aneka keyword yang menuju ke website. Dengannya Kita akan punya info tambahan untuk menganalisa pasar & mengoptimasi website lebih lanjut.

3. Tahan Banting

Kita tentu tahu saat para pengguna Multiply terpaksa pindah lapak karena Multiply menghentikan layanan. Ataupun saat TokoBagus maupun Berniaga meleburkan diri ke dalam Olx. Website lebih tahan banting karena Kita relatif lebih bisa mengontrol website kita sendiri. Tentu saja dengan bantuan pihak lain.
Kita bisa memanfaatkan Facebook, Twitter, Instagram, G+, BBM, Line dsb untuk melancarkan bisnis kita. Ataupun menggunakan layanan Tokopedia, BukaLapak, FJB Kaskus untuk meningkatkan penjualan. Namun adakalanya berbagai layanan tersebut mulai ditinggalkan penggunanya, mengubah aneka ketentuan ataupun kalah dengan layanan baru. Maka Kita perlu punya website yang relatif tidak terpengaruh dengan social media & layanan tersebut. Idealnya : miliki website dan gunakan social media & layanan yang relevan dengan bisnis online Kita.

4. Memanfaatkan Fitur Website

Bagaimana jika Kita menjual ratusan produk dengan berbagai varian (warna, ukuran dsb). Belum lagi menangani order yang tentu Kita berharap jumlahnya tidak sedikit. Kita bisa memanfaatkan aneka fitur yang ada di dalam website online shop untuk mengelola order, persediaan, promosi sampai memonitor omzet harian.
Saya akan membahas aneka fitur CMS Prestashop yang bisa digunakan untuk mengelola aktivitas onlineshop pada tulisan mendatang.

Sekarang memiliki website onlineshop semakin mudah. Anda dapat membuat sendiri atau menggunakan bantuan orang lain. Sudahkan onlineshop Anda memiliki website sendiri ?

No comments: