Tuesday, June 20, 2006

Kupu-kupu


Aku menguyah makanan yang ada di mulutku sambil berjalan kecil.
"Adek. Makannya jangan sambil jalan donk. Kan nggak baik," kata Bundaku.
Aku berhenti sebentar lalu berjalan kembali sambil tetap menguyah makanan yang ada di mulutku.
"Bunda, aku mau lihat kupu-kupu itu," kataku sambil mengarahkan telunjukku ke arah makhluk bersayap itu.
"Boleh," kata Bundaku dengan sangat sabar.
"Bunda. Aku tidak bisa menangkapnya," ujarku setengah sedih.
"Mungkin adek harus mengejarnya."
Aku segera mempercepat langkahku, setengah berlari, mengejar kupu-kupu itu. Kupu-kupu itu berbalik arah menuju ke bundaku. Aku tetap mengejarnya.
"Tidak bisa, Bunda," teriakku setengah kesal.
"Tanganmu kurang tinggi meraih kupu-kupu itu. Coba kau angkat tanganmu setinggi-tingginya. Sampai kau bisa menyentuh kupu-kupu itu."
Aku masih berlari. Aku berusaha merentangkan tangan sepanjang-panjangnya, berusaha menggapai kupu-kupu itu. Tapi tetap tidak bisa.
"Ah, tidak bisa, Bunda."
"Apa mau Bunda bantu menangkapnya?" bundaku bertanya.
"Ah, nggak usah bunda. Aku ingin menangkapnya sendiri. Kan nggak seru jadinya."
"Ya udah."
Beberapa menit aku mengejarnya. Tapi tetap saja tidak bisa.
"Adek kesini dulu," kata Bundaku.
Aku yang hampir menyerah, menuruti kata-kata bundaku dan untuk sementara menghentikan pengejaran.
"Adek, makannya dihabiskan dulu," ucap Bundaku dengan sangat lembut.
"Nanti kalau makanannya dihabiskan, adek akan cepet gedhe. Adik akan setinggi Bunda dan bisa menangkap kupu-kupu itu."
"Gitu ya Bunda?" tanyaku memastikan.
"Iya."
Lalu Bundaku menyuapkan sesendok makanan ke mulutku. Dan aku tersenyum sambil memandangi kupu-kupu yang terbang lincah mengitari kami.

9 comments:

Anonymous said...

"sebutkan 3 binatang kesukaan kamu dan berikan alasannya", familiar ma pertanyaan itu an?? btw waktu itu aku jwb no1 nya kupu-kupu,hehe..(oh ya ke2 nya lebah, ke3nya laba2, dan gw jd tampak psiko pecinta serangga gt y??)

Anonymous said...

dan saya juga tersenyum...

hehehe...punten an kalo pikiran konspiratif saya banyak beraksi waktu baca cerita ini. duh...gak baik saya...

Anonymous said...

Liva : iya gitu Va? bukannya kamu emang psiko hehe piss
Adit-bram : Konspiratif gimana bos? Kayak yang di-pelem2 kah? hehe. Terserah bram aja hehe.

Anonymous said...

yah...selamat mengejar kupu-kupu mu anak muda....:p

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

cie...jadi sapa kupu2 selanjutnya an=p ???

Anonymous said...

Komentnya adit-bram saya hapus satu, soalnya double postingan.
Buat adit-bram & us_3 : no comment :D

Anonymous said...

hmm just mau komen,

jangan kejar kupu-kupu itu.....

Anonymous said...

echo : Maksudnya?? Ya sudahlah. Komentnya diterima :D