Sunday, November 13, 2005

Bukan cewek psycho?

Perjalanan Bandung-Madiun biasanya ditempuh dalam waktu sekitar setengah hari atau 12 jam lebih (biasanya lebihnya banyak...). Begitu juga waktu mudik kemarin. Berangkat dari terminal Cicaheum jam 7 malam sampai Madiun jam 10 pagi.

Nah kalau perjalanan panjang sendirian, ritual yang dilakukan adalah pesan tiket (biasanya bus), pilih tempat duduk di lambung bis tengah bagian kanan yang dekat jendela. Pas udah di dalam bus, setelah nempatin barang bawaan langsung siap-siap buat tidur panjang...Nah kebiasaan tidur panjang ini nggak bisa dihilangin sampai-sampai waktu dulu mudik bareng temen-temen SMA, pasti saya yang tidurnya duluan dan paling lama. Cuma bangun pas busnya berhenti atau kalau ada yang bangunin.

Seperti mudik terakhir kemarin. Tidur panjang kali ini bukan karena memang ingin tidur tapi karena terpaksa tidur.

Begini ceritanya....

Jam setengah empat sore, sampai di Caheum, ngurus tiket blablabla, nunggu busnya nggak datang-datang... (yang ini dicut aja nggak penting...)

Akhirnya bus yang mau dinaiki tiba juga. Masuk ke bus, ngambil posisi. Suasana dalam bus lumayan kacau. Lagian, salah sendiri, di dalam bus nggak dikasih nomer tempat duduk, jadinya penumpang yang sudah naik ke badan bus harus bolak-balik nyari tempat duduk yang dimaksud di tiket. Kebetulan saya tadi ngelihat denah tempat duduk jadi begitu nyampe langsung ambil posisi.

Ada mbak-mbak (mbaknya cuma satu) yang datang, duduk di sebelah. Lalu ngomong kalau busnya nggak kaya' biasanya. Yang ini lebih jelek dst dst. Aku cuma bisa manggut-manggut aja. Eh ternyata mbak yang ini salah tempat duduk. Bukan di sebelahku tapi di belakang tempat duduk yang ditempatinya sekarang. Jadinya tempat duduk di sebelahku kosong. Menunggu manusia lain untuk menempatinya. Cie.. Perasaan jadi nggak enak deh.

Nah berikutnya daripada bengong gak jelas, aku baca buku. Beberapa saat kemudian datanglah mbak-mbak lagi. Nggak ngelihat langsung, tapi bisa kelihatan dari pantulan kaca bus yang ada di sebelahku. Masih baca buku dan nyuekin si mbak-mbak tadi. Lalu si mbak ini mbuyarin konsentrasi, pake acara nawar majalah yang kira-kira durasinya nyampe 15 menitan, sampe nggak tega denger suara penjual majalahnya yang akhirnya kalah sama si mbak ini. Trus berikutnya nawar harga roti, lama juga, kasihan juga ndenger penjual roti yang akhirnya ditaklukkan sama si mbak ini. Akhirnya karena penasaran, aku berhenti baca buku, kaya apa sih mbak yang duduk di sebelahku ini. Rupanya si mbak ini lebih sigap. Dia membuka obrolan lebih dulu. Pertanyaan standar. Turun dimana masa? dst dst. Tapi yang membuat saya merasa aneh, setiap kali mbak ini selesai bicara selalu senyum-senyum nggak jelas trus ketawa kecil. Jadi inget Mpok Hindun-nya bajaj bajuri. Lumayan persis. Serem.

"Mas namanya aan ya?"
Waduh kok tahu. "Kok tahu mbak?". Gawat nih, perasaan nggak pernah kenalan deh.
"Ya tahu donk". Waduh tambah gawat aja nih. Jangan-jangan cewek psycho.
"Kan tadi ngelihat di daftar penumpang yang ada di loket sana". Oh jawaban si mbak ini lumayan menenangkan tapi tetap aja ngerasa serem. Lalu ngobrol ngalur-ngidul, nggak lupa mbak ini masih cengar-cengir nggak jelas.

Lalu mencoba mencari bala bantuan. SMS ke seorang temen. TOLONG!!! sebelahku ada cewek psycho. Senyum-senyum sendiri gak jelas. Lalu dibales. Ya udah mending pura-pura tidur aja. Kalau masih nggak mempan jutekin aja. Tapi ati2 ntar diapa2in lho. Lumayan solutif. Jadinya untuk selanjutnya aku memilih untuk tiduk aja. Cuek mau diapain juga.

Tengah malam, masih di bus, nggak tahu sudah nyampe mana. Terbangun gara-gara ramai orang, termasuk dari mbak sebelahku ini. Cerewet banget. Rupanya beberapa orang terkena tetesan air dari atap bus. Nggak tahu dari AC atau dari air hujan. Nah karena masih berasumsi kalau mbak di sebelahku tuh psycho, makanya cuek aja, nerusin tidur. Tapi nggak bisa, karena rame banget. Berusaha memberikan sedikit perhatian dan karena aku sendiri akhirnya terkena tetesan air juga.
"Masih ketetesan mbak?"
"Ya nih masih".
"Saya juga ketetesan". Sambil menunjuk celana bagian kiri yang sedikit basah. Eh tiba-tiba si mbak ini pegang paha saya sambil ngomong, "Nggak basah gini kok". Waduh gawat nih udah pegang-pegang. Nggak bisa dibiarin nih. Sebelum sempat bertindak, si mbak sudah memindahkan tangannya menjauh dari saya. Ya Allah kuatkan hamba-Mu ini. Cewek psycho bukan sih? Karena sudah malas berfikir akhirnya tidur lagi.

Bangun, sholat Subuh, trus tidur lagi.

Akhirnya si Mbak turun juga. Satu terminal sebelum terminal Madiun. Pfuih akhirnya si mbak ini turun juga.

Sampai di terminal Madiun, kirim SMS ke teman yang sama dengan sebelumnya, menceritakan (dan menertawakan) kejadian semalam. Temanku bales SMSnya lumayan panjang. Ada doanya pula. .....semoga pas balik ntar nggak ketemu sama cewek psycho lagi.... Amin.

4 comments:

Trian Hendro A. said...

walah...an, lagi pertama buka blog mu setealh sekian lama buoooooosan dengan puisi2..lha koq saiki garing..

yo wis.. aku juga sempat "dpt" cewek pas berangkat dari bandung naik lodaya. angkatan 98, ykpn jogja..tapi akhirnya aku melarikan diri, setelah lama ngalor ngidul..mbaknya progresif juga, nanya sana-sini.

pas lari..sempat juga nih mbak mau ikut aku (karena alesan nyari bangku berhadapan yang bisa kakinya diselonjorin..),,wah..ya langsung aku...siat,,..siat..siet..wah mbak aku mau tidur nih, ga enak kalo dekat cewek..trus mbaknya mrengut...(hiks...)

pas mau sendiri, e...dapet mbak..pas ngebayangin ana sing "ngancani", e... dpt bapak2...
he...he..he.. (mungkin emang sangat adil kali...)

the Tea Maker said...

wahahaha...hati2 an!
lain kali kl ky gitu jgn malah ditinggal tidur, malah lelasa tar dia ngapa2in hahah...
cuek aja, tp jgn bilang km g suka cewek...tar malah dia mikir macem2 lagi hehe ^ ^

Lucky said...

cweknya manis ga???
we hehehe
ga penting...

Aulia said...

kalo menurut lucky mpok hindun tuh manis ya berarti manis hehehe...