Thursday, March 14, 2013

Small Office Home Office

Sekitar 9 tahun yang lalu, saat masih belajar di kampus, seorang dosen memberikan sebuah tugas. Kami diminta membuat paparan singkat berbentuk beberapa lembar slide presentasi tentang Small Office Home Office (SOHO). 

Dosen kami tersebut memang cukup mendalami bidang IT. Saat itu beliau menjelaskan bahwa konsep SOHO ini akan digemari di masa yang akan datang sebagai alternatif tempat kerja konvensial yang banyak dikenal. Dengan SOHO orang-orang dapat bekerja di rumah. Di lain sisi ia tidak perlu menempuh perjalanan bolak balik kantor-rumah sehingga mempunyai lebih banyak waktu untuk keluarga. Memang konsep SOHO waktu itu belum begitu populer di Indonesia. Terang saja, saat menyusun tugas tersebut semua referensi SOHO berasal dari luar negeri. Saat berselancar di internet pun, simbah Google belum secanggih sekarang ini.

Dan prediksi dosen kami tersebut ada benarnya. Banyak sekali bidang kerja bermunculan yang dulunya belum pernah dikenal. Bisnis startup terutama yang memanfaatkan media internet tumbuh subur. Konsep SOHO pun dipakai. Banyak yang bekerja dari rumah, baik sendiri maupun personil dalam jumlah kecil. Asal peralatan mendukung, tak perlu kantor luas dan SDM yang banyak. Yang terpenting : bisnis bisa jalan dan melayani customer. Besarnya nilai tambah dari sebuah bisnis tidak serta merta ditentukan oleh banyaknya personil yang berkumpul hingga membutuhkan ruang kantor yang luas. Bisa jadi banyak personil bekerja rutin di tempat masing-masing, berkoordinasi via jaringan nirkabel dan bertatap muka sesekali waktu. Untuk beberapa jenis bisnis, dengan kecanggihan teknologi dan semakin baiknya jaringan internet, berkantor ala SOHO ini saya rasa makin mudah dilakukan. Tertarik ?

No comments: