Wednesday, April 17, 2013

5S dalam Bisnis Rumahan

Anda tahu rahasia Toyota menjadi salah satu perusahaan kelas dunia yang top markotop dan produk-produk yang josgandos ? Salah satunya adalah 5S. 5S telah menjadi filosofi di lingkungan perusahaan tersebut dan menular ke perusahaan-perusahaan lain. 5S merupakan metode pengorganisasian tempat kerja yang terdiri dari : seiri, seiton, seiso, seiketsu dan shitsuke.

Filosofi 5S ini bisa diterapkan dimana saja termasuk pada bisnis skala UKM dan bisnis rumahan. Bagaimana penerapannya ? Mari kita telisik bersama

1. Seiri (Sisih)
Prinsip seiri adalah identifikasi kegunaan dan singkirkan yang tidak berguna. Identifikasi barang di lingkungan kerja Anda, lalu sisihkan yang tidak berguna. Saat Anda terlalu lama berpikir tentang kegunaan suatu barang ada kemungkinan barang tersebut sebenarnya tidak berguna. Lalu akan diapakan barang-barang yang tidak berguna ? Bisa dipakai ulang, misal kertas bekas yang bisa dimanfaatkan untuk coretan kasar. Bisa dijual, jika memang bernilai ekonomis. Atau relakan saja jika satu-satunya muara adalah tempat pembuangan sampah. Dengan begitu tempat kerja Anda akan menjadi lebih simpel dan hanya barang-barang yang dibutuhkanlah yang ada di tempat kerja.

2. Seiton (Susun)
Prinsip seiton adalah setiap barang ada tempatnya. Identifikasi frekuensi dan tingkat kepentingan penggunaan barang. Semakin sering dan penting suatu barang, tempatkan yang paling mudah dan cepat dijangkau. Barang-barang yang berat sebaiknya diletakkan di bagian bawah. Keteraturan penempatan barang dapat memangkas waktu yang biasa digunakan untuk mencari barang.

3. Seiso (Sapu)
Prinsip seiso adalah kebersihan. Bersihkan tempat kerja Anda. Terutama setelah selesai bekerja. Bukankah kebersihan pangkal kesehatan ?

4. Seiketsu (Standard)
Prinsip seiketsu adalah menjadikan standard. Penerapan 3S yang pertama memerlukan standardisasi agar dapat dilaksanakan secara terus menerus : siapa melakukan apa saat kapan dan dimana. Standardisasi memudahkan kita menerapkan dan mengevaluasi penerapan 3S pertama.

5. Shitsuke (Sikap)
Prinsip shitsuke adalah menjadikan kebiasaan. 5S tidak sekedar metode, 5S harus menjadi kebiasaan jika memang ingin mendapatkan manfaat yang optimal. S yang terakhir ini dilakukan dengan menjaga dan mereview standard secara berkala.

Prinsip 5S bisa diterapkan dimana saja. Di perkantoran, rumah sakit, sekolah, organisasi sosial, bisnis skala raksasa hingga bisnis rumahan. Bukankah Anda menjadi lebih semangat jika memiliki tempat kerja yang nyaman dan rapi ?

No comments: