Tuesday, April 09, 2013

Berbagi Membuka Banyak Kebaikan

Kontribusi positif di masyarakat bisa dalam bentuk apapun. Bisa jadi hal sangat sederhana dan dekat dengan keseharian kita. Itu yang mendasari beberapa alumni SMA 2 Madiun membuat sebuah aksi sosial dinamakan Smuda Berbagi. Mengusung semangat berbagi, aksi ini mencoba melakukan apa yang bisa dilakukan, dimulai dari skala lokal.


Aksi sosial Smuda Berbagi ini sebenarnya bisa dirunut 2 tahun ke belakang. Meski waktu itu belum menamakan diri secara resmi sebagai Smuda Berbagi. Aksi sosial ditandai dengan kegiatan berbagi kegembiran bersama anak-anak yatim pada bulan puasa. Beberapa orang menghendaki kegiatan sosial yang kontinu, tidak hanya saat bulan puasa. Maka dibentuklah satu wadah yang diharapkan mampu menjaga semangat berbagi secara terus-menerus.

Memanfaatkan kemudahan akses, maka program pertama Smuda Berbagi adalah beasiswa bagi adik-adik di SMA 2 Madiun. Langkah ini dirasa yang paling dekat, paling mudah dan dinilai bisa mewujudkan  semangat berbagi secara kontinu. Smuda Berbagi memilih beasiswa karena memang adik-adik di SMA 2 Madiun saat ini belum 100% bebas biaya sekolah. Dan seperti yang semua kita yakini bahwa pendidikan adalah salah satu amunisi ampuh untuk mengangkat derajat hidup.

Maka saat saya menyusun satu tulisan mengenai program beasiswa Smuda Berbagi, saya memilih judul 'Melipatgandakan Semangat Bersekolah'. Harapan Smuda Berbagi dengan program beasiswa ini adalah turut menjaga semangat adik-adik penerima beasiswa dan juga orangtuanya untuk tetap bersekolah apapun kondisinya. Dan semangat inilah yang ditemukan relawan Smuda Berbagi saat survey ke kediaman penerima beasiswa.

Berbagi bisa dimulai dari hal kecil dan diharapkan bisa membesar seiring waktu. Itu juga yang menjadi harapan Smuda Berbagi agar dapat bermanfaat dalam skala yang lebih besar di kemudian hari. Saya percaya, dan semoga juga Anda, bahwa berbagi membuka banyak kebaikan.

No comments: