Tuesday, June 28, 2005

Sampah

Tapi kini keadaan hidupku telah jauh berbeda
Tak ada lagi hati aku tunggu 'tuk selesai berdandan
(So7 Sekali Lagi)

Saya tidak akan membahas tentang lagu ini (meskipun saya cukup menyukainya dan beberapa lagu So7 yang lain karena kelugasan bukan 'kepuitisan' bahasanya). Saya juga tidak akan membahas tentang cinta (seperti beberapa blog teman, ups tidak bermaksud menyinggung siapapun). Karena saya tidak akan menulis sesuatu hal yang penting (mungkin).
Beberapa hari dihabiskan untuk menunggu kepastian Kerja Praktek (hari gini masih nunggu KP..) sedangkan teman-teman lain mungkin sudah hampir menyelesaikan KP nya. Dan baru liburan kali ini merasa sangat bingung karena tidak tahu harus mulai dari mana.
Beberapa hari nyampah dengan membaca buku (tentunya bukan buku kuliah). Dan saya belum pernah membaca buku sebanyak ini dalam waktu seminggu. Memang buku yang saya baca tidak terlalu banyak, tapi lagi-lagi saya 'ditampar' oleh buku-buku yang saya baca ini. Menyadarkan saya tentang beberapa hal yang saya abaikan sebelumnya. Saat membaca buku biografi tokoh saya cuma bisa bilang : O ada ya orang seperti itu. Saat membaca buku cerita : Dari mana ya dapat idenya (padahal sepele lho, tapi say nggak pernah kepikiran). Dan beberapa pikiran lain yang terlintas terlintas sewaktu membaca buku. Kok bisa ya nulis kayak gini. Subhanallah.
Nah balik lagi ke buku yang 'ringan tangan'. Memang buku-buku sebelumnya yang berhasil menampar saya lebih banyak buku-buku pengetahuan populer yang didukung dengan penelitian, pendapat ahli bahkan dalil-dalil. Tapi kali ini buku yang berhasil membukakan saya adalah buku cerita berwujud novel. Sebuah novel tentang kehidupan sehari-hari, ditulis tanpa banyak kata-kata yang indah (seperti karya sastra tingkat tinggi), berhalaman tidak terlalu banyak (untuk ukuran sebuah novel) meskipun sedikit khayal. Kalau bisa dibilang : Gilee, (ceritanya) gue banget. Dan memang ketika membelinya sewaktu ada pameran buku Gramedia di Sabuga, saya membelinya setelah membaca bagian belakang bukunya dan merasa isi ceritanya mungkin mirip dengan keseharian saya disamping karena ada diskon 15% (lumayan, jarang2 buku Gramedia dapat diskon).
Semoga liburan ini memberikan awalan yang baik untuk diri saya agar bisa berbuat lebih baik untuk orang lain. Yang jelas sesuatu yang lebih baik daripada sekedar nyampah sambil baca buku. Pusing euy...

No comments: