Saturday, February 28, 2015

9 Pertanyaan Yang Harus Diajukan Sebelum Memulai Bisnis E-Commerce

9-pertanyaan-yang-harus-diajukan-sebelum-memulai-bisnis-ecommerce

Menjalankan bisnis e-commerce bisa menggunakan berbagai media. Jika Anda ingin berkembang maka mempunyai website e-commerce sendiri adalah pilihan tepat. Jikapun belum memiliki website sendiri, beberapa pertanyaan berikut juga berguna bagi Anda yang akan atau sedang berbisnis e-commerce.

1. Domain apa yang harus Saya pilih ?
Domain sebaiknya mengandung brand yang Anda bangun. Alih-alih menggunakan keyword-rich domain (mis : bajubayilucu.com) lebih baik menggunakan brand-based domain (mis: sadinashop.com). Domain dengan menggunakan nama brand akan lebih mudah diingat dan sangat berguna untuk membangun kampanye branding ke depannya. Jadi nama domain harus dipilih dengan seksama.

2. Bagaimana Saya memilih layanan hosting ?
Banyak layanan hosting di Indonesia. Pastikan bahwa layanan hosting compatible dengan website yang akan dibangun. Pelajari fitur hosting dan biayanya & telisik reputasi penyedia hosting tersebut.

3. Metode pembayaran apa yang Saya pilih ?
Metode transfer antar bank masih paling populer. Miliki rekening di bank yang banyak penggunanya. Lebih dari 1 juga boleh. Lengkapi juga rekening dengan internet banking agar mudah melakukan & mengecek transaksi keluar - masuk.

4. Bagaimana dengan pengiriman ?
Kenali beberapa layanan pengiriman dari kota Anda. Pilih yang mempunyai reputasi baik dan bisa memberikan berbagai kemudahan dalam pengiriman. Misalnya ada diskon khusus, bisa pick-up di tempat Anda dsb.

5. Bagaimana orang-orang mengetahui online shop Saya ?
Anda harus mempelajari cara mengalirkan traffic ke website e-commerce Anda. SEO, blogging, berbagai forum, social media. Anda juga bisa menggunakan cara-cara offline seperti menggunakan brosur, stiker & kartu nama.

6. Bagaimana caranya agar konsumen loyal ?
Setelah mampu menarik konsumen, Anda harus memikirkan bagaimana cara membuat konsumen loyal. Konsumen harus dapat dengan mudah menghubungi Anda. Anda dapat memberikan berbagai bonus seperti diskon atau gratis ongkos kirim bagi konsumen yang sering membeli.

7. Bagaimana dengan kebijakan penukaran & pengembalian barang ?
Ini bagian dari etika bisnis. Anda sebaiknya mempunyai kebijakan bagaimana jika konsumen menerima produk cacat. Lalu berapa lama konsumen bisa mengembalikan barang setelah diterima & pihak mana yang menanggung biaya penukaran & pengembalian.

8. Platform e-commerce apa yang akan Saya gunakan ?
Untuk platform e-commerce Saya memilih Prestashop. Itu saja :)

9. Bagaimana jika Saya membutuhkan bantuan ?
Ini pentingnya memilih platform e-commerce yang memang dikembangkan khusus untuk e-commerce. Saat membutuhkan bantuan kita bisa mengulik jawaban kepada pengembang atau melemparkan pertanyaan ke forum pengguna platform e-commerce tersebut. Ataupun googling terkait masalah yang kita hadapi.

Selamat berbisnis e-commerce !

No comments: